when thinking cannot SOLVE your PROBLEM, REMEMBER a sincere DUA can.

Friday, September 13, 2013

Papa!



Papa sudah memasuki usia yang ke-60 tahun. Umur yang sudah tidak muda lagi. Alhamdulillah Papa masih sehat. Masih bisa bantuin mama ngangkat ini-itu yang berat-berat pas mama belanja. Masih mau repot-repot ngurusin urusan anak-anaknya kesana-kemari. Dan masih eksis neleponin sanak keluarga dan juga teman-temanya bahkan teman-teman saya berikut orangtuanya. 
 
Yah papa saya ini sangat hobi berbicara. Kalau ada kesempatan susah memberhentikannya, bahkan lagi nontonpun entah itu berita atau sinetron pasti ikut berkomentar, jadi kadang susah mau fokus sama tv apa sama omongan papa. Herannya semua bidang bisa masuk ke otak papa, semuanya bisa didiskusikan sama papa. Kadang kalau lagi ngobrol sama papa, papa suka tiba-tiba ngebahas masalah yang sama sekali saya gak ngerti, saya paling ngangguk-ngangguk aja dengan ekspresi senyum-senyum longor. Toh, papa juga gak ngeliat ekspresi saya. 

Papa memiliki masalah pada penglihatannya. Papa tidak bisa melihat dengan jelas lagi disebabkan penyakit gula yang dideritanya. papa hanya hapal suara dan siluet bentuk tubuh seseorang untuk mengenali orang. Kalau wajah sudah tentu papa tidak bisa lagi melihat dengan jelas, buram katanya. Makanya kalau ketemu papa dijalan diwajibkan memanggil atau menyapanya, kalau tidak yaudah bakal dilewatin aja. jangan disangkain sombong ya :)

Pernah waktu mama pergi belanja sendirian dan tumben enggak minta jemput, waktu itu mama lagi nunggu di pinggir jalan.  Kebetulan papa lewat naik motor, karena papa gak ngelihat dengan jelas dan mama juga telat manggil, papa berlalu begitu saja. Swiii~~~ng! Pasti gondok sekali si mama, tapi karena tau keadaan papa gimana jadi lucu aja.

Nah, jadi kalau lagi ngobrol berdua sama papa, misalnya saya lagi dimarahain atau diceramahin dan saya agak tidak suka dengan isi ceramahnya, ngedumel dengan memonyong-monyongkan bibir atau memasang tampang lapet tidak apa-apa. Bandal! Bahkan saya tidak malu joged-joged meskipun ada papa -__-

Meskipun papa tidak bisa melihat dengan jelas lagi tapi papa masih bisa mengendarai motor dan mobil kalau hari masih terang. Kadang kalau kepepet si avi minta jemput di rumah kawannya dan gak ada yang bisa jemput, papa juga masih bisa bawa motor malam-malam. Ngelihat sekali sih tidak, lebih ke feeling katanya. Kalau orang lain yang denger pasti ngerasa seram. Karena saya sudah biasa kemana-mana sama papa dan alhamdulillah aman-aman saja, saya percaya 100% sama papa. Malah lebih seram kalau dibonceng Rino! Kalau untuk situasi jalanan sepertinya papa masih bisa lihat meski hanya berupa siluet. 

Kurangnya penglihatan tidak mengurangi semangat papa untuk berkegiatan. Papa hobi sekali main tanah (anak kecil kali ya?) seperti ngerapiin tanaman-tanaman dipinggir jalan, kebetulan rumah kami di pinggir jalan. Papa juga aktif ngeladang dan entah sudah berapa kali panen, hasil ladangnya antara lain, pepaya, sirsak, pisang, sayur-sayuran, cabe, dll. Pernah waktu pisangnya hilang satu apa dua tandan gitu, sepertinya stress sekali sampai-sampai jadi topik utama dalam pembicaraan papa sama orang-orang. Untung juga papa punya hobi seperti itu, jadi banyak pergerakan sehingga penyakit tidak semakin bertambah di dalam tubuh papa.

Selain itu papa juga masih hobi smsan dan gak tanggung-tanggung kalau sms banyak kali kata-katanya dan dibalas dengan cepat. Karena dokter bilang sudah tidak ada kacamata yang cocok buat mata papa maka papa dikasi alat bantu baca seperti kacamata pembesar. Jadi alat itulah yang membantu papa untuk membaca koran/sms dan mengetik sms.

Belakangan ini setelah saya lulus dan si rino masuk kuliah, papa tetap kami sibukkan untuk membantu kami. Untuk si rino papa rela mengorbankan waktunya meladang demi menemani anak emas mama ini selama ospek. Karena mama yang terlalu khawatir apabila si rino ditinggal langsung sehingga saya dan papa didaulat untuk ngurusin dia. 

Saya pikir selama ini Cuma mama saja yang sangat perhatian sama si rino mengingat papa tidak terlalu dekat dengan rino. Papa sempat berprinsip untuk gak pernah nyuruh-nyuruh rino, saking susahnya dia dimintai pertolongan. Ternyata selama mengurus si rino, papa yang heboh membelikan segala keperluan yang bahkan tidak terpikirkan oleh mama seperti beli jas hujan, bagusin pernak-pernik motor (mana ngerti si rino kalau ada apa-apa), paku, bahkan benang jahit, siapa tau ada baju yang koyak, jadi bisa jahit sendiri. Papa juga mengantar-jemput rino selama ospek. Mana kampusnya lumayan jauh dari tempat kosnya. Oke! Papa juga sayang sama rino dan dia rino musti tau itu!

Kalau untuk saya, banyak sekali hal-hal yang sudah dilakukan oleh papa. Saya termasuk anak kesayangan papa, DULU, secara masih saya anak satu-satunya dan sebelum ada AVI. setiap kali ke pesta pasti saya selalu jadi korban untuk menemani papa karena mama biasanya sedang kerja atau males ikut. Papa sering nyuruh saya ambilin makanan ini-itu dan itu bukan hanya sekali sehingga mengharuskan saya mondar-mandir. -__-
Saya tipe pemalu dan males sekali kalau papa sudah seperti itu. Untunglah ada si avi yang memang tidak punya malu, jadi cocok berkonco sama papa! Hahaha

Papa dan mama memang memiliki porsi perhatian yang berbeda. Tapi saya rasa papa lebih detail. Sewaktu saya kuliah di Palembang , papa tidak lepas menanyakan kabar saya, kabar cuaca, dan kabar teman-teman sekosan saya. hebatnya papa mengingat semua nama teman-teman saya, yang bahkan dia belum pernah temui. Biasanya habis telponan si papa minta nomor telpon teman-teman saya. kalau orang lain pasti berpikir papa saya getek kali, saya juga sempat bilang gitu. hahaha
Tapi maksud papa saya memang baik, ingin berteman dengan teman anaknya. Jadi kalau-kalau saya tidak bisa dihubungi , papa bisa menghubungi teman-teman saya. tidak hanya itu saja, papa saya punya tujuan mulia untuk berkenalan juga sama orangtua dari teman saya tersebut. Maka setelah ngobrol sama teman saya, papa minta nomor orangtuanya. Hal ini juga berlaku pada rino dan avi.

Papa memang sangat berjiwa sosial. Salut sekali! Tapi herannya dua anaknya, yaitu saya dan rino tidak mengikuti jejak beliau. Kami berdua cenderung bertipikal muka lapet dan tidak suka berada di keramaian. Kalau AVI, tidak tau bilang. Hmmm..

Dengan sifat seperti itu papa semakin bertambah temannya. Gak heran, waktu papa datang pas acara wisuda saya dan menginap di kosan saya, papa sudah kenal sama tetangga sebelah kanan-depan-belakang, sebelah kiri tidak itupun karena tanah kosong tapi disitu ada pos kamling dan sering ada yang duduk-duduk, sama mereka papa juga sudah bercerita kesana-kemari. Sedangkan saya yang sudah bertahun-tahun disana tidak kenal sama tetangga. -_-

Tiada hari tanpa ngobrol. Papa berhenti ngobrol kalau lagi tidur, ngeladang, dan sesak boker. Pernah waktu dalam perjalanan dengan mengendarai mobil, papa sebelumnya asik bertelponan tapi tiba-tiba jadi pendiam dan menyuruh berhenti kalau ada pom bensin, sakit perutnya! Araa~

Belakangan ini papa sering saya heppotkan dengan urusan surat-surat saya untuk melamar pekerjaan. Malah papa yang sering mengingatkan. Entah kenapa saya pemalas sekali sekarang bahkan untuk mengurus urusan sendiripun saya malas. Kami pergi ke kantor ini kemudian disuruh ke kantor itu dan habis dari kantor ini disuruh ke tempat sana kemudian kembali lagi ke kantor ini, begitulah prosedur urus-mengurus surat di Indonesia ini. kurang tau juga sih kalau di luar indonesia bagaimana.

Kadang-kadang si papa sekalian bawa saya jalan-jalan keliling siantar. Daripada kerja saya tidur-tiduran aja, mungkin gitu kali ya pikir papa. Akhirnya selama masa pengangguran saya ini saya menemukan beberapa tempat yang belum pernah saya singgahi atau lewati di siantar. Ngakunya siantar man! 

Andai saja waktu kuliah dulu saya tinggal sama orangtua. Tentu segala hal akan saya gantungkan pada papa. Apalagi kadang-kadang tugas kuliah saya suka menyerempet ke “nguli”, ke panglonglah, tukang kacalah sampai ngais-ngais sisa potongan kayu demi sesuap serbuk kayu halus. Kalau ada papa kan, bisa papa yang ngurusin semua. Tapi itulah memang indahnya kuliah jauh dari orangtua, kita jadi mandiri. Dan sekarang setelah lulus saya kembali ke rumah menjadi tidak mandiri. Karena apa-apa saya bisa minta tolong siapa-siapa -__-

Tapi apapun yang terjadi, saya tetap harus mensyukuri apa yang terjadi pada diri Saya. saya bersyukur Papa masih bisa bersma mama, saya dan adik-adik. Papa masih bisa diajak bercanda, berdiskusi, dan jalan-jalan. 

Saya juga sudah besar begini masih hobi melawan, tidak memberikan contoh yang baik sama adik-adik. Saya juga sering berbicara dengan suara yang keras sama papa. Bagaimanapun sikap saya ke papa, saya sebenarnya sayang sama papa hanya saja tidak tau bagaimana cara mengungkapkannya.

Saya harap papa panjang umur dalam kebaikan dan selalu diberikan kesehatan oleh Allah SWT. Aamiin. 


0

0 comments:

Post a Comment