when thinking cannot SOLVE your PROBLEM, REMEMBER a sincere DUA can.

Friday, September 23, 2016

Resep Dadar Gulung Ubi Ungu

Waktu lihat-lihat timeline istagram, ada akun masak-masak yang memposting resep “Dadar Gulung Ubi Ungu”, gambar darlungnya juga sangat mengajak orang untuk membuatnya. Ungunya cerah! Sayapun akhirnya tergoda ingin membuat lalu request ke mama untuk dibelikan ubi ungu kalau ke pajak.

Mama Saya membeli Ubi Ungunya kebanyakan padahal cuma butuh sedikit untuk membuat darlung ini. Waktu mengupas kulit dan melihat isinya, rasanya pengen dicubit, warna ungunya yang cas bikin gemes. Apasih! Haha..

Salah satu bagian terpenting dan tersulit dalam pembuatan darlung ini adalah membuat kulitnya. Alhamdulillah sudah pernah bikin kulit-kulit ini sewaktu membuat Risoles, sehingga lumayan berpengalaman dalam teknik memasak dengan menggunakan kompor kami yang apinya tak merata serta teplon yang umurnya tak lagi muda sehingga sudah tidak anti lengket lagi namanya. 

Jauh dari kata sempurna tapi masih bisalah hasilnya dikatakan sebagai kulit dadar gulung. Masih kurang puas sih, berharapnya kompor bisa diperbaiki dan membeli teplon baru yang diameternya lebih besar, soalnya yang punya kami sekarang lumayan kecil sehingga hasil darlungnya pun jadi mini-mini. Tapi ya sekarang pakai yang ada saja dulu, toh masih bisa jadi juga darlungnya dan bisa di makan. Yok mari masak, berikut resepnya :

Bahan Kulit :
150gr Tepung Terigu
85gr Ubi Ungu (Dikukus, Haluskan)
1 btr Telur
1 sdm Margarin cair
350 ml susu cair atau lebih
½ sdt Garam

Bahan Isi Inti Kelapa :
1 biji kelapa parut ambil putihnya (bisa ¼ saja sih sebenarnya kalau menggunakan teplon yang kecil, soalnya saya banyak sisa)
150 gr Gula Merah + Sedikit Gula Pasir (Beri Air 75 ml)
1 lbr Daun Pandan
½sdt Garam
Maizena

Cara Membuat Isi :
1. Didihkan Gula Merah + air hingga larut, saring.

2. Campurkan kelapa parut & Daun Pandan + Garam.

3. Masak hingga meresap. Taburi sedikit saja tepung maizena biar menyatu kelapanya. Aduk-aduk. Matikan Api.

Cara Membuat Kulit :
1. Blender Susu Cair + Ubi UNgu yang telah dikukus dan di haluskan

2. Saring Susu + Ubi, hasilnya campurkan ke Adonan tepung terigu + Telur + Mentega cair + Garam bila mau

3. Aduk semua adonan sampai menyatu. Hasil yang baik adalah adonan tidak begitu kental dan tidak begitu cair. (bisa dilihat di video tutorialnya ini untuk mengetahui tekstur pastinya)

4. Panaskan Teplon, kecilkan api. Buat Dadar tipis-tipis. Begitu kering langsung angkat. (Kalau tekturnya sesuai dan mempunyai kompor serta teplon yang memadai seharusnya 3 detik udah bisa angkat)

5. Dadar sudah bisa di isi dengan inti dan dilipat kemudian sajikan.

Taraaa Darlung sudah bisa di makan~ Rasanya Lumayanlah.. :)

Dadar Gulung Ubi Ungu Mini


Selamat Mencoba! Masak Yok!

Nb : Bukan Blog Khusus Masak-memasak. Hanya mau berbagi resep dan pengalaman dalam memasak. Sekalian sebagai media pengingat lupa bagi penulis kalau ingin memasak makanan yang dituliskan resepnya disini suatu hari nanti. 
2

2 comments: