when thinking cannot SOLVE your PROBLEM, REMEMBER a sincere DUA can.

Monday, July 18, 2016

Awal Mengenal Kajian


Bismillah....

Apa itu Kajian?
Kajian adalah Majelis ilmu.

Ngapain di Kajian? Membahas kitab-kitab Allah Subhanahu wa Ta’ala bersama para Ustadz yang memang ahli di bidangnya.

Apa saja yang dibahas? Firman Allah Subhanahu wa Ta’ala (Al-quran), Sabda RasulNya (Sunnah), dan kitab-kitab Allah.

Kapan waktu pelaksanaannya? Setiap Hari.  Ada dua jenis biasanya, Kajian rutin dan Kajian tematik. Kajian tematik lebih banyak pada saat weekend.

Apa itu kajian rutin? Kajian rutin yang membahas kitab sampai tuntas sehingga lebih detail dalam membahas suatu permasalahan agama dengan jadwal yang tetap, misal pada hari tertentu dan biasanya dibahas bersama ustadz yang sama.

Kajian tematik? Kajian dengan tema biasanya memiliki judul yang menarik, Ustadznya pun berbeda-beda. Membahas permasalah agama secara umum sehingga sepulangnya dari sana ada meninggalkan rasa ingin tahu yang lebih lagi sehingga mengajak kita untuk datang lagi ke kajian (baca:ketagihan) :)))

Mana yang lebih bagus? Dua-duanya sama bagus dan pentingnya. Tapi biasanya yang lebih rame kajian tematik, karena waktunya juga di saat orang sedang libur.

Mana yang lebih dahulu diikuti? (kalau saya pribadi) Qaddarullahi pertama kali mengahadiri kajian tematik, kemudian secara tidak sengaja menghadiri kajian rutin karena pada saat itu sedang tidak ada jadwal kajian tematik dan menyadari kalau kajian rutin ternyata asik juga, karena membahas lebih terperinci.

Pada Jam berapa saja dan berapa lama durasinya? Tergantung panitia menjadwalkannya kapan. Kalau melihat dari jadwal kajian yang ada , bisa seharian dengan waktu, tempat dan ustadz yang berbeda. Ada yang dari pagi sampai siang, ada yang di mulai siang hingga sore, ada yang sore hingga malam. Pernah ketika saya sudah lama tidak menghadiri kajian dan kangen sekali mengikuti kajian, niatnya hanya mau datang ke satu kajian saja tapi ternyata ada kajian lagi di tempat lain, maka sayapun tenggelam dalam kajian selama seharian, pagi sampai malam.

Bagaimana mengetahui jadwal kajian? Berteman dengan teman yang soleh/solehah biasanya selalu di beritahu ada kajian apa aja yang menarik atau bisa memfollow akun-akun dakwah di sosmed.

Dimana biasa diadakan? Kebanyakan diadakan di Mesjid tapi ada juga yang menyelenggarakannya di Gedung Pertemuan atau Rumah Pribadi.

Siapa saja pesertanya? Semua orang yang ingin mengenali islam secara kaffah /menyeluruh. (Yang bosan sama kegiatan duniawi dan mau cari kegiatan lain boleh juga mampir ke kajian, semoga saja dapat hidayah dan keterusan :) )

Adakah kostum khusus menghadiri kajian? Menutup Aurat pastinya dan akan ada virus yang menjangkiti kita untuk menutup aurat dengan sempurna :)

Bagaimanakah menutup aurat dengan sempurna? Baca Surat Al-Ahzab : 59 dan An-Nur : 31 yaa~ I'm still learning too ..

Selanjutnya adalah bagaimana mengetahui kajian yang benar seperti apa? Yang sesuai Al-quran dan Sunnah dengan pemahaman Salafush shalih.

Jadi yang selain itu adalah kajian yang tidak benar? Wallahu a'lam karena banyak yang mengatasnamakan Islam yang berdasarkan Al-quran dan Sunnah, namun yang di ajarkan jauh dari keduanya. Tapi yang pasti ketika kita ingin mendalami islam niatkan benar-benar karena Allah bukan karena ingin dipuji atau dipandang baik oleh Manusia. Selalu berdoa untuk ditunjukkan jalan yang lurus dan apabila selama menjalaninya merasakan ketenangan dan bisa mengubah kita menjadi orang yang lebih baik maka jalanilah dan ikutilah. Itulah jawaban dari Allah atas permintaan kita tersebut.

Apa saja yang perlu dipersiapkan ketika menghadiri kajian? Pelajari Adab-Adab menuntut ilmu.

Apa sajakah itu? Yang paling utama adalah Niat yang ikhlas karena Allah. Selengkapnya bisa lihat video berikut (Panduan Ibadah : Adab Belajar Agama)

Kenapa harus ikut kajian? Karena ikut kajian dalah menuntu ilmu dan menuntut ilmu hukumnya WAJIB!

"Jika kamu tidak sanggup menahan lelahnya belajar maka kamu harus sanggup menahan perihnya kebodohan"
(Imam Syafi'i)

Apa keuntungan menghadiri majelis Ilmu? Menambah ilmu syar’i , mendapatkan teman-teman baru yang soleh/solehah, dan sesungguhnya malaikat bersama kita. 

Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah Allah (masjid) untuk membaca Kitabullah dan mempelajarinya di antara mereka, melainkan ketenteraman turun atas mereka, rahmat meliputi mereka, Malaikat mengelilingi mereka, dan Allah menyanjung mereka di tengah para Malaikat yang berada di sisi-Nya. Barangsiapa yang lambat amalnya, maka tidak dapat dikejar dengan nasabnya.
(Muslim (no. 2699), Ahmad (II/252, 325), Abu Dawud (no. 3643), At-Tirmidzi (no. 2646), Ibnu Majah (no. 225), dan Ibnu Hibban (no. 78-Mawaarid), dari Shahabat Abu Hurairah radhiyallaahu ‘anhu. Lafazh ini milik Muslim.)

Apa perubahan yang paling dirasakan ketika sering mengikuti kajian? Lebih mengenal Allah sehingga timbul rasa cinta, harap, dan takut, dan berjanji untuk mengikuti semua perintahNya dan menjauhi laranganNya. Lebih mengenal Nabi Muhammad Shallallaahu 'alaihi wa sallam sehingga memacu kita untuk mengerjakan sunnah-sunnahnya. Kalau sudah kenal Allah dan RasulNya pasti akan berdampak pada akhlak seseorang.

Langkah selanjutnya setelah mengenal kajian? Terus ikuti, hadiri dan perdalam lagi ilmu syar’i bersama yang ahli seperti para ustadz, perbanyak teman yang soleh/solehah, harus memiliki adab, sesuaikan ilmu yang kita pelajari dengan akhlak kita, jangan lelah untuk terus mengajak kepada kebaikan dan menjauhi kemungkaran.

Sikap seseorang sudah kenal kajian? Tawadu’, tidak boleh sombong dan meremehkan orang yang belum mengenal kajian, berikan udzur  kepada mereka dengan terus saling mengingatkan. Bolehlah sharing ilmu biar memberikan pengaruh baik kepada yang lainnya.

Apabila ada yang mencibir? Bersabarlah, tinggalkan debat, dan doakan mereka yang mencibir agar dapat hidayah.

Apabila ada yang menggoyahkan? Istiqomah!

Bagaimana agar istiqomah? Berdoa agar tetap diteguhkan hatinya dalam ketaatan dan dijauhi dari kemaksiatan, berteman dengan orang-orang yang selalu mengingatkan kita kepada Allah, rajin datang ke kajian biar recharge imannya.

Kalau tidak punya teman yang soleh/solehah? Cari! Makanya datang ke kajian, In syaa Allah yang datang soleh/solehah kalaupun belum pastilah mereka-mereka yang mau hadir mengikuti kajian sudah mendapat Hidayah dari Allah untuk mau berubah menjadi orang yang lebih baik.

Kalau tidak sempat datang ke kajian? Nonton di Youtube! Banyak tersedia kajian-kajian dengan berbagai tema dan GRATIS!! Paling ya beli kuota atau kalau mau hemat ke rumah saudara yang ada WIFInya :)))) Bisa juga didengarkan di radio, seperti Radio Rodja dan radio-radio sunnah lainnya.

Radio Sunnah? Iya radio sunnah, kajian yang sedari tadi saya bahas di atas juga biasa disebut dengan Kajian Sunnah atau orang-orang sering menyebutnya Kajian Salaf.

Apa itu Kajian Sunnah/Kajian Salaf? Ya sama seperti penjelasan saya di atas tapi memang perlu penjelasan lebih detail lagi akan ini. Dan saya sangat bersyukur ketika saya berkeinginan hijrah untuk mengenal islam lebih dalam langsung dipertemukan dengan Kajian Sunnah. Alhamdulillah akan Hidayah Sunnah ini. Mari mengenal dan menghidupi Sunnah Nabi Muhammad Shallallaahu 'alaihi wa sallam!~

Sampai Bertemu di tulisannya yang in syaa Allah akan diberi judul Mengenal Sunnah.

Semoga Tulisan ini bermanfaat bagi siapapun yang membacanya. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata dan tidak mengapa apabila ada yang mau berdiskusi. Saya senang berdiskusi tapi bukan berdebat loh ya!~ Tinggalkan debat dan tepian surga buatmu :)

Assalamualaikum Wa rahmatullahi wa barakatuh

#lagikangenbangetkekajian #imansemakinmelemahrasanya  #butuhketemutemantemansalihat

0

0 comments:

Post a Comment