when thinking cannot SOLVE your PROBLEM, REMEMBER a sincere DUA can.

Sunday, September 18, 2016

Resep Brownies Kukus


Ini merupakan kue yang saya pertama kali buat di awal-awal saya bersemangat dalam masak-memasak. Tapi percobaan pertama lumayan gagal. Bentukannya bagus tapi  rasanya kurang oke, karena terlalu manis dan juga topingnya menggunaan choco chip yang sudah agak lama, sehingga rasanya agak apek. Hiks.. Sepertinya saya salah pilih resep pada saat itu. Meskipun begitu tidak membuat saya berhenti patah semangat, saya menemukan tutorial yang lain yang lebih meyakinkan. Tutorialnya bisa di lihat disini. Alhamdulillah percobaan kedua berhasil, baik bentuk dan rasa. Berikut Resepnya :

Bahan :
4 btr Telur
85 gr Tepung Terigu
150 gr Gula Pasir
35 gr Coklat Bubuk
70 gr Collatta
 120 gr Mentega
1 sdm SP (Cake Emulfisier)
1 sdt Baking Powder
1 sdt Vanili Bubuk
60 ml Susu Kental Manis

Cara Membuat :
1. Siapkan Loyang dengan memberi sedikit mentega dan ditaburi sedikit tepung agar adonan tidak menempel ketika matang dan siapkan Dandang untuk mengukus. Tutup dandang dibalut dengan kain agar nanti uap air pada tutup tidak jatuh ke dalam adonan kue. Air kukusan jangan melebihi batas tempat meletakkan kukusan, hal ini dapat menyebabkan air masuk ke dalam Loyang sehingga bisa menghasilkan kue yang bantat.

2. Cairkan Collatta dan Mentega terlebih dahulu. Jangan sampai mendidih.

3. Mixer Telur + Gula Pasir + SP + Vanili Bubuk  dengan kecepatan tinggi sampai warna adonan berubah menjadi putih. Masukkan coklat bubuk + baking powder ke dalam tepung terigu yang sudah di ayak perlahan-lahan ke dalam adonan. Mixer dengan kecepatan rendah atau bisa menggunakan spatula. Aduk sampai rata. Pada saat ini sudah bisa memanaskan dandang terlebih dahulu.

4. Setelah adonan tercampur rata masukkan collatta dan mentega yang sudah dicairkan. Aduk sampai benar-benar merata.

5. Ambil sedikit adonan untuk nanti digunakan sebagai pelapis bagian tengah kue. Kemudian tambahkan SKM. Aduk sampai rata.

6. Masukkan setengah adonan ke dalam Loyang. Kukus selama 10 menit. Setelah agak matang, masukkan adonan point. 5 ke dalam Loyang, kukus lagi selama 10 menit. Setelah bagian tengah agak matang, masukkan sisa setengah adonan ke dalam Loyang. Kukus selama 30 menit. Jangan pernah membuka tutup kukusan ketika sedang mengukus karena bisa mengakibatkan kue menjadi menyusut. Kukus menggunakan api kecil.

7. Setelah yakin sudah matang, boleh di buka dan kue bisa di sajikaaan~
Gak sulit kan, asal mau sabar saja menunggu kukusan dan harap-harap cemas ketika membuka kukusan, sudah matang apa belum yak!

Puas banget pas tahu berhasil. Alhamdulillah~ Malah katanya mirip sama brokus Amanda. Eaaak Brokus Mantika dong ini yak! ^^

kalau dipotong kelihatan lapisan brokusnya
Selamat Mencoba! Masak Yok!

Nb : Bukan Blog Khusus Masak-memasak. Hanya mau berbagi resep dan pengalaman dalam memasak. Sekalian sebagai media pengingat lupa bagi penulis kalau ingin memasak makanan yang dituliskan resepnya disini suatu hari nanti. 
0

0 comments:

Post a Comment