when thinking cannot SOLVE your PROBLEM, REMEMBER a sincere DUA can.

Monday, June 18, 2012

Mencoba Mengingat part.2

Memasuki semester dua, hal yang membuat saya masih semangat di semester dua ini adalah karena nilai semester satu saya yang Alhamdulillah bagus. Oke di semester ini saya pertama kali ketemu sama STUPA. STUPA itu singkatan dari studio pernacangan arsitektur yang mana merupakan mata kuliah paling utama dan paling “menyiksa”. Denger kata stupa kayak habis berbuat dosa, apalagi dengernya pas siap-siap mau tidur terus ada yang nanya, ”stupanya udah selesai?”. pret! Bakal gak tenang itu tidurnya bahkan gak jarang gak jadi tidur tapi bukan untuk ngerjain stupanya melainkan ngelamunin mau ngerancang apa sampe capek sendiri dan tertidur hingga akhirnya ketiduran. bangun-bangun mendapatkan tugas stupa yang belum selesai dan harus dikumpul hari itu juga . Paling bisanya Cuma nangis! Saya sih enggak sampe kayak kejadian di atas (waktu semester ini), karena saya masih semangat dan masih belum merasakan penyiksaannya. 

Akhirnya bertemulah saya dengan stupa 1 dengan tugas-tugasnya yang masih wajar. Saya ingat petama kali itu disuruh merancang gazebo,tempat duduk-duduk santai yang biasanya ada di halaman luar rumah atau sejenisnya, saya itu tipe orang yang tidak suka meniru dalam merancang, walau udah dicoba sama seperti contoh yang adapun saya tetap gak bisa buat sama persis, saya gak tau ini kelemahan atau kelebihan, maka saya buatlah gazebo yang sebelumnya belum pernah saya lihat, bentuknya kayak gentong air, inspirasinya dari gentong yang terletak di depan kamar kosan saya. Bentuknya tiangnya melengkung sehingga kalau ke–empat tiang gazebo itu didirikan akan membentuk sebuah gentong (maunya sih begitu). Untuk atapnya saya pakai atap rumbai. Karena keterbatasan kemampuan menggambar saya , ide tersebut malah jadi "kayak kepala" orang dengan atap rumbai sebagai rambutnya. :(
Teman saya, si ade ingat sekali sepertinya dengan desain saya ini, sampe sekarang masih sering dia ungkit-ungkit. Ya secara waktu frustasi gak bisa gambarnya, saya minta bantuan dia buat gambarin...
Waktu asistensi ke dosen, beliau malah nanyain masalah kayunya, ”emangnya ada kayu lengkung?” ya karena waktu itu emang gak ngerti apa-apa, saya cuma uma senyum-senyum aja dan pas pulangnya langsung searching di internet. Saya nanya ke teman-teman, ada yang bilang enggak ada , ada yang bilang ”bisa kok di lengkungin, vir..” dan ngasih-ngasih contoh gambarnya.
Sekarang saya sudah tau, kalau sebenarnya bisa dibentuk gimana aja, tergantung bentangannya juga, karena produksi kayu sekarang, gak sepanjang dulu lagi, harus pake sambungan gitu. Yang saya herankan, ngapain coba dosen tersebut nanya kayak gitu ke saya, seolah-olah itu  tidak mungkin ada. Inget banget nada dia nanya itu, menohok dan bikin malas ngerjain. Mungkin dia pengen saya cari tau sendiri dan enggak asal dalam mendesain. Positive thinkingnya sih begitu. masalahnya stupa 1 itu belum terlalu mikirin struktur tapi fokus ke desain, mana belajar struktur juga baru semester ini. Aduh pokoknya buta banget deh waktu itu (sampe sekarang juga, cuma udah bisa ngeliat aja dikit  -___- )

Apapun yang terjadi tugas selesai gak selesai harus di kumpul. Setelah desain gazebo ”kepala orang” itu selanjutnya buat apa saya gak inget (hehe!), tapi saya masih ingat masa-masa pengerjaan tugas akhir stupa 1. karena termakan omongan kakak-kakak tingkat, yang bilang mereka sampe gak tidur dua hari gara-gara ngerjain tugas, sayapun melakukan hal tersebut saat mengerjakan tugas akhir stupa 1 ini. Saya menggambar tak kenal lelah selama dua hari berturut-turut tanpa tidur, untungnya masih ingat untuk berdoa, mandi dan makan. Saya tidak merasa capek sedikitpun karena saya senang mengerjakannya, saya baru sadar selama dua hari itu saya hampir tidak duduk. Paling pas agak-agak pegal punggungnya, saya istirahat bentar. Gilaaaa, saya semangat banget dulu!
Ditambah lagi udah dekat liburan dan saya akan mudik jadi bisa punya banyak waktu untuk istirahat nantinya (pikir saya!).
 
Hasil karya semester dua ini , tidak terdokumentasi karena tugasnya gak dikembalikan dan buku gambarnya (kami nyebutnya logbook) hilang entah kemana.

Karena disini masih semangat dan belum terbebani masalah mau judul skripsi apa (nyindir saat sekarang!) jadi saya terus menjalani hari-hari bersama stupa dan mata kuliah lainnya dengan gembira.

Sayang sekali, pengorbanan yang di lakukan tidak sesuai dengan hasil yang didapatkan. Nilai semester ini bagus, nilai A dan B nya seimbang, tapi yang bikin nyesek ,nilai stupa yang beban studinya 4 sks itu dapat C! Rasanya sia-sia udah sampe gak tidur dapetnya segitu. Kecewa! Mau nangis dan inilah awal mula bumbu-bumbu kemalasan itu hadir. Tapi mungkin memang karena desain saya yang tidak bagus kali ya...

THINK KAIA!

0

0 comments:

Post a Comment