when thinking cannot SOLVE your PROBLEM, REMEMBER a sincere DUA can.

Wednesday, August 24, 2016

Resep Godok-Godok

Semua berawal dari seringnya kami mendapat rezeki pisang gratis dari salah satu kerabat yang memang berjualan buah-buahan. Kadang tidak hanya satu jenis saja sehingga ada saja buah yang terlalaikan, salah satunya si pisang. Sampai-sampai sudah menghitam dan benyek, ya alternatif agar si pisang bisa dimanfaatkan adalah dijadikan Godok-godok.

Sebelumnya papa pernah membuat adonan godok-godok dan hasilnya kurang oke, saya lupa pada waktu itu kurang apa, mungkin karena papa kurang sabar menunggu mama untuk segera mengolahnya, sedangkan si pisang sudah hampir membusuk. Pada saat itu saya masih belum ada kepikiran untuk masak-memasak. Dan kejadian yang sama berulang, kali ini papa maksa mau buat sendiri lagi melihat keadaan si pisang yang sudah sangat masak. Karena saya khawatir hasilnya nganeh lagi dan nanti mama marah-marah lagi dengan terpaksa Saya mencari resepnya di internet. 

Akhirnya dapet resepnya dari cookpad dan ternyata gampang. Saya pun menggabungkan dua resep yang saya temukan karena entah feeling darimana, ada beberapa bahan di resep 1 akan lebih baik apabila ditambah bahan yang tertera pada resep 2. Bismillah saja semoga hasilnya bagus, kalaupun tidak bagus bisalah dimaklumi soalnya ini kan kali pertama bikinnya. 

Sewaktu menggoreng saya sudah was-was karena bentuknya tidak sama seperti yang dijual-jual, tapi sudah terlanjur, lanjutkan saja menggoreng. Alhamdulillah lama-lama bentuknya semakin menyerupai yang dijual-jual tersebut heuheu. Untuk rasa, seperti biasa saya agak males untuk mencicipi adonan makanan, tapi kali ini saya coba sendiri. Ternyata masih kurang gula, padahal sudah terlanjur ada yang di goreng, untung masih sedikit. Akhirnya adonan selanjutnya sudah saya tambahkan gula. 

Godok-godok buatan pertama saya sepertinya enak, soalnya mama begitu nyobain komentar begini “Kok enak?” 
Waaah.. senang sekali rasanya, dari yang tadi ogah makannya sampe akhirnya saya yang banyak menghabiskannya. Lah kok? HAHAHA

godok-godok dalam penggorengan
adonan godok-godok 

















Saya sudah dua kali membuat godok-godok dan kedua-duanya berhasil, sampai-sampai langsung habis dalam waktu yang cepat. Mamapun keesokan harinya masih nyariin si godok-godok karena mengaku baru makan sedikit dan masih nagih.  Berikut resep si godok-godok yang bikin nagih :

Bahan :
15 bh Pisang Kepok yang kematangan (saya waktu itu satu sisir)
½ bh Kelapa Besar Parut (kalau saya biasanya beli yang 2rb saja,gak tau itu berapa ukurannya hehe)
5 sdm Gula Pasir Sesuai selera (Nnati icip lagi, kalo kurang tambahin)
12 sdm Tepung Terigu
½ sdt Vabili Bubuk
½ sdt Baking Powder
½ sdt Garam
Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat :
1.  Kupas pisang lalu lumatkan, campur pisang lumat dgn terigu + kelapa parut + gula + vanili + garam + baking powder. Aduk rata. Cicipi terlebih dahulu sudah pas apa belum kemanisannya.

2. Panaskan minyak, ambil sesendok adonan, goreng dengan api sedang hingga berwarna coklat, jangan dengan api besar, nanti jadi gosong diluar mentah didalam.

3. Sajikan selagi hangat.

Selamat Mencoba! Masak Yok!

Nb : Bukan Blog Khusus Masak-memasak. Hanya mau berbagi resep dan pengalaman dalam memasak. Sekalian sebagai media pengingat lupa bagi penulis kalau ingin memasak makanan yang dituliskan resepnya disini suatu hari nanti. 
0

0 comments:

Post a Comment