when thinking cannot SOLVE your PROBLEM, REMEMBER a sincere DUA can.

Monday, October 03, 2016

Resep Bolu Nutrisari

Mama request di masakin bolu panggang, terserah bolu apa saja, yang penting bolu. Awalnya males karena melihat kondisi kompor dengan api tidak rata, males harus menerima kenyataan gagal lagi. Kalau mengukus boleh lah (tapi sebenarnya ini ogah juga gara-gara Brokusapi) tapi kalau harus memanggang agak sedikit khawatir karena belum pernah coba dan mood masak juga lagi tidak ada. Tapi demi mama, apapun itu, mari berjihad! #bikinortusenangadalahbagiandarijihad #lillahbiarikhlas

Akhirnya mulailah cari-cari resep, mama awalnya mau bolu keju, tapi kok ya enek pas ngebayanginnya (saya gak begitu suka keju soalnya), teringat kalau di lemari ada banyak nutrisari, cari resepnya dan dapat yang bahannya simpel. Yaudah , Tanya ke mama mau nggak kalau nutrisari aja, mama oke, baiklah, cus bikin! Berikut Resepnya :

Bahan :
8 butir telur
180 gr gula pasir
1 sachet nutrisari (jeruk peras)
250 gr tepung terigu
150 gr margarin

Cara Membuat :
1. Olesi loyang baking pan dgn margarin dan taburi terigu, sisihkan. Lelehkan margarin, sisihkan. Panaskan alas baking pan (api kecil).

2. Kocok telur, gula pasir dan nutrisari hg mengembang dan kental (jika adonan diangkat tdk jatuh).

3. Kecilkan mixer, masukan terigu sedikit2 kocok hg rata, tuangkan margarin cair sedikit2 kocok lg hg rata. Matikan mixer.

4. Aduk lg adonan dgn spatula (aduk balik dari bawah ke atas), tuang di loyang baking pan ratakan, bakar di atas kompor kurleb 20menit dgn posisi lubang dibagian tutup dibuka 1/2, jika bagian atas kue sdh tdk basah buka penuh lubangnya dan masak lg hg bagian atas kue matang (agak kecoklatan) baunya harum... angkat, keluarkan dari cetakan, dinginkan.

Resepnya saya dapatkan dari cookpad dan bener-bener copy-paste baik bahan dan cara membuat dalam postingan ini maupun dalam hal pelaksanaan dalam pembuatannya. Soalnya baru pertama bikin, gak berani bereksperimen sendiri. Tapi memang ada perbedaan sedikit dalam hasil adonan, saya tidak sampai benar-benar kental dikarenakan adonan sudah hamper melebihi wadah ketika di mixer, sehingga ketika masih lumayan cair, saya sudah memasukkan tepungnya, hal ini menyebabkan bolu tidak semengembang “bolu 8 telur” lainnya - *kata mama begitu*.

Untuk rasa kurang manis karena saya sengaja mengurangi gulanya, saya pikir nutrisari saja sudah manis, eh ternyata saya salah pikiran hehe .. So, saya taburi gula halus deh atasnya, hmm jadi nambah manis deh sayanya (zzzz) dan kuenya~

ala-ala jualan~ Order yok!

Selamat Memasak! Masak Yok!


#nunggudingijanganditiup #nunggudinginsambildzikir #sebelummakanjanganlupabacaBismillah #janganmencelamakanan

Nb : Bukan Blog Khusus Masak-memasak. Hanya mau berbagi resep dan pengalaman dalam memasak. Sekalian sebagai media pengingat lupa bagi penulis kalau ingin memasak makanan yang dituliskan resepnya disini suatu hari nanti.

0

0 comments:

Post a Comment