when thinking cannot SOLVE your PROBLEM, REMEMBER a sincere DUA can.

Saturday, September 24, 2016

Resep Bakpao Mini Ubi Ungu

Karena ubi ungunya masih banyak banget, sisa dari membuat Darlung, maka saya mencari makanan lain yang juga salah satu bahan dasarnya dari ubi ungu. Setelah mengulik-ngulik di internet dapatlah makanan yang lumayan gampang (kelihatannya) dan saya juga suka makannya, yaitu Bakpao. 

Karena cara dan bahannya 11-12 sama membuat donat makanya pede saja untuk membuatnya. Sebelumnya saya sudah pernah membuat donat dan lumayanlah. Dan bakpao ini tidak pakai telur, simple lah bahannya. Bagian paling agak melelahkan memang ketika harus mengulek adonan sampai kalis kemudian membanting-bantingnya. Berhubung hanya punya tenaga ala kadarnya, ya membantingnya cuma sanggup beberapa kali saja. Berikut Resepnya :

Bahan :
250 gr Tepung Terigu
150 gr Ubi Ungu (Kukus dan Haluskan)
40 gr Gula Halus
30 gr Mentega
½ sdt Fermipan
½ sdt Vanili Bubuk
½ sdt Baking Powder
25 gr Susu Bubuk
1/8 Pewarna Ungu
Air Es Secukupnya

Isian :
Inti Kelapa
Collata (saat membuat ini saya langsung mengisi bakpao dengan potongan coklat, karena apabila dikukus, dia akan melelh di dalam. Tapi saat membuat mochi, saya menemukan cara agar bisa membuat coklat yang lebih padat dan mudah dibentuk. Caranya disini.)


Cara Membuat :
1. Kupas Ubi Ungu. Kemudian kukus, setelah matang, lumat dengan sendok sampai lembut.

2. Dalam baskom bersih, campurkan ubi ungu, tepung terigu, vanili bubuk, gula halus, fermipan, baking powder , susu bubuk, dan garam halus. Campu hingga rata.

3. Tambahkan air es sedikit demi sedikit sambil terus diuleni, tambahkan pewarna ungu.

4. Tambahkan mentega, uleni lagi sampai kalis. Kalau adonan belum kalis juga bisa tambahkan tepung lagi sedikit, tapi sebaiknya di ayak dulu. (kejadian saya, tidak di ayak, sehingga kelihatan ada gumpalan pada adonan). Diamkan adonan selama setengah jam sambil ditutup dengan kain bersih.

5. Kempeskan adonan bakpao, bagi menjadi beberapa bagian. Pipihkan dan beri isian di tengahnya, bulatkan lagi,letakkan di atas kertas roti agar adonan tidak lengket pada dandang ketika di kukus. Diamkan lagi setengah jam. (Saya tidak baca pada step ini, sehingga begitu memasukkan isian saya langsung mengukus, alhasil jadinya mini tidak mengembang. Kurang focus! -_-“)

6. Kukus Bakpao dalam kukusan yang sudah di panaskan sebelumnya sekitar 15 menit sampai matang.

7. Bakpao sudah siap disajikan dengan teh manis hangat.

Warnanya manis banget~ Rasa juga enak, tapi kurang puas memang karena mini-mini dan isian kurang padat. But not bad-lah buat pemula, kata yang makan selain Saya :p

Bakpao lebih nikmat disantap dengan teh manis hangat~


Selamat Mencoba! Masak Yok!

Nb : Bukan Blog Khusus Masak-memasak. Hanya mau berbagi resep dan pengalaman dalam memasak. Sekalian sebagai media pengingat lupa bagi penulis kalau ingin memasak makanan yang dituliskan resepnya disini suatu hari nanti. 
0

0 comments:

Post a Comment